Tuesday, January 11, 2011

Bisnis Online Unik tapi Manjur

Ide bisa datang kapan saja, bahkan sebuah ide untuk memulai bisnis online. Ide bisnis yang unik memang belum tentu bisa meraih sukses. Berikut, kami memiliki bisnis online unik yang dirintis oleh para pengusaha bisnis online, mungkin saja salah satu ide mereka bisa Anda praktekan.
1. Million Dolar Homepage (www.milliondollarhomepage.com)
Pernah melihat media komersial yang seluruhnya diisi info produk atau perusahaan? Dalam situs ini, Anda dapat melihat (secara hiperbola) satu juta iklan yang terpasang. Setiap pengiklan dikenai biaya USD 1 per piksel. Ini mungkin satu-satunya ide paling aneh dalam bisnis online yang pernah dilakukan. Namun, Alex Tew yang menelurkan ide ini di usia 21 tahun, kini menjadi seorang milyuner.
2. Picky Domains (www.pickydomains.com)
Anda perlu menyewa orang lain untuk memilihkan nama domain yang tepat? Anda mungkin memilih mencari inspirasi sendiri ketimbang membayar jasa seperti ini. Namun, keberadaan pihak ketiga yang memilihkan nama domain justru sangat ditunggu-tunggu, terlebih jika bisnis yang dilakukan cukup beresiko. Hal ini mungkin erat kaitannya dengan persoalan psikologis pengusaha sendiri. Tetapi, yang jelas saat ini PickyDomains masih memiliki daftar tunggu para pengusaha yang ingin dibuatkan nama domainnya.
3. Doggles (www.doggles.com)
Dengan ide membuat kacamata untuk anjing yang bisa dijual secara online, mungkin menjadi ide aneh lain yang berhasil membuat pemiliknya menjadi jutawan. Setelah 12 tahun melakukan bisnis online unik ini, berbagai toko cabang lintas negara sudah berdiri, dan item yang dijual sekarang termasuk kalung, t-shirt, tas punggung, topi, jaket anti-air, sampai kasur tidur untuk bepergian.

4. Laser Monks (www.lasermonks.com)
Situs ini adalah anak perusahaan nirlaba dari Cistercian Abbey of Our Lady di Spring Bank, Madison. Digawangi oleh delapan biarawan yang bekerja dari dalam biara mereka di atas bukit Monroe County, printer laser Anda bisa diisi ulang dengan nyaman. Ternyata, penjualan mereka pada tahun 2005 mencapai USD 2,5 juta. Sekarang, situs websitenya lebih “berisi” dengan berbagai macam artikel dan berita.
5. Antenna Balls (www.antennaballs.com)
Anda mungkin tidak mampu menjual bola untuk antena mobil, terlebih bila dilakukan dengan cara online. Tetapi, dengan cara inilah, bisnis online unik milik Jason Wall sejak 1999 menjalankan usahanya. Kini, penjualan tiap bulan yang berkisar 500 ribu, tidak mampu menahannya menjadi jutawan.
6. Fit Deck (www.fitdeck.com)
Membuat selusin kartu (sebesar kartu remi) yang berisi gambar dan step – step olahraga, dan menjualnya secara online seharga USD 18,95. Ini mungkin menjadi bencana bagi orang pada umumnya, kecuali untuk pensiunan Navy Seal (korps khusus angkatan laut AS) dan instruktur kebugaran Phil Black. Omset per tahun pada 2006 saja mencapai USD 4,7 juta. Tentu jauh lebih banyak dari upah semasa kerjanya.
7. Positives Dating (www.positivedating.com)
Siapa yang ingin berkencan dengan penderita HIV? Paul Graves dan Brandon Koechlin berpikir bahwa pasti ada orang yang akan melakukannya, sehingga mereka menciptakan situs kencan bagi penderita orang positif HIV pada 2006.
8. Designer Diaper Bags (www.diapeesandwipees.com)
Dengan alasan lelah membawa popok dalam tas, Christie Rein bersama suaminya merancang tas popok cukup besar agar mudah dibawa dalam perjalanan. Dengan omset USD 180 ribu pada 2005, perusahaan Diapees & Wipees memiliki 22 model tas yang bisa diperoleh melalui 120 butik di dunia. Penjualan online melalui butik tersebut hanya dikenakan biaya USD 14.99 per buah.
9. Santa Mail (www.santamail.org)
Bagaimanapun, ini adalah ide bisnis online unik dan cemerlang. Dengan mendapatkan alamat pos di kutub utara, Byron Reese membuat anak-anak mengirim surat pada alamat tersebut. Ini tentunya dengan sepengetahuan para orang tua yang dikenakan biaya USD 10 setiap suratnya. Sayangnya, hampir 10 tahun didirikan sejak 2001, pada 2009 Santa Mail menutup order untuk sementara waktu, dengan alasan kepastian terlambatnya penerimaan surat. Meski begitu, tidak kurang dari 290.000 surat sudah disebar sejak usaha ini didirikan.
10. Lucky Wishbone Co. (www.luckybreakwishbone.com)
Di perayaan ultah ke-47 yang bersamaan dengan Thanksgiving, Ken Ahroni mematahkan tulang kalkun sisa santapan sambil mengucap harapannya. Ini sebuah tradisi lama yang diwarisi turun-temurun bagi warga AS setiap perayaan Thanksgiving. Tapi kali ini, Ahroni malah mencetuskan ide untuk menjual tulang palsu. Ini tentu ide aneh yang (lebih anehnya lagi) digandrungi banyak orang, karena produksi per harinya mencapai 30.000 buah, menyuplai 40 negara bagian di AS, dan hanya perlu dua tahun untuk mencapai penjualan USD 1 juta pada 2006.
Bagaimana? Anda jadi punya ide untuk “menciptakan” bisnis online unik , yang mungkin agak sedikit aneh tapi kreatif seperti di atas tadi? :)


sumber
Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

1 comments: on "Bisnis Online Unik tapi Manjur"

bundasaski said...

manjur gak kalo ninggalin jejak...dijamin ramai pengunjung n ramai pengikut? :D

Post a Comment

tinggalkan jejakMu Sobat >>